Minggu, 15 Januari 2012

Tentang "Kisah Pendaratan Pertama di Pulau Bintan"

Ini kisah pendaratan pertama ane di Pulau Bintan. Sebuah kisah heroik tentang perjuangan seorang pemuda ganteng *(waktu itu ane masih muda trus ganteng juga), datang merantau dari Tanah Jawa ke Negari Segantang Lada.

Hari itu Jum’at tanggal 25 Agustus 2000, ane dianter oleh sepasang suami istri yg gak lain dan gak bukan adalah ortu ane ke Pelabuhan Tanjung Priok. Hari itu ane bakal berangkat merantau ke Pulau Bintan yg belakangan ane kenal sebagai Negeri Segantang Lada. Ane naek kapal Pelni jurusan Kijang, salah satu Pelabuhan Laut di Pulau Bintan. Kalo liat di Google Map, Kijang tuh berada di sisi timur Pulau Bintan. Sedangkan tujuan utama ane Kota Tanjungpinang, letaknya di sisi Barat Pulau Bintan.

Jadual kapal jam 2 berangkat, makannya dari jam 12 ane udah di Tanjung Priok. Ane berangkat berdua sama temen ane, sebut aja namanya si Coy. Ane janjian ketemuan di Pelabuhan. Waktu itu kan belum ada hp, jd janjiannya malem pake telp rumah. Sampe waktu yg ditentukan, ketemuan lah ane sama si Coy. Setelah pamitan sama ortu masing2, kami langsung naik ke kapal. Nama kapalnya KM Bukit Siguntang. Setau ane, Bukit Siguntang tuh nama tempat di Palembang, banyak monyetnya. Lha, berarti...??? *) jangan dilanjutkan...



Ane sama si Coy sama2 blm pernah naik Kapal, so it was our first experience. Kapalnya gede banget, pertama kali masuk, ane langsung ke tempat pengambilan kunci kamar. Soalnya ane pake kamar kelas 2, biar agak nyaman lah. Begitu dah dapet kunci, kami kebingungan cari kamarnya. Kapalnya gede banget, mana rame orang lagi. Kasus dah, dua pemuda lugu tersesat di dalam kapal Pelni tanpa tau harus berbuat apa.

Akhirnya sampailah kami di sebuah koridor rame orang, ane sama si Coy berunding.
“Coy gimana neh, masa iya kita dari tadi muter2 kagak ketemu juga tuh kamar?” ane kebingungan.
“Santai aja, lu tunggu sini, jagain barang, biar gue yg nyari kamarnya, ntar kalo dah dapet kita baru kesana bareng2” si Coy belagak sok tau.

Akhirnya ane jagain barang, nungguin si Coy ngubek2 kapal nyari kamar. Gak lama si Coy dateng sambil senyum2. “Kamarnya dah ketemu, yukkkk mareeee...”. Langsung deh kami jalan ke kamar. Tapi koq dari tadi muter2 aja neh, pasti ada yg gak beres. “Coy gimana neh, kog gak nyampe2, kamarnya jauh banget sih?” ane penasaran kagak sabar. Si Coy malah ketawa, “gue lupa”. Huuuffffttt...

Tapi akhirnya ketemu juga tuh kamar, kami langsung masuk trus baring2 dah, istirahat dulu. Di dalam kamar udah ada 4 orang bapak2, penumpang juga. Ya udah, kenalan trus ngobrol2. Gak lama kapal pun jalan. Molor 5 jam dari jadual. Hmmmm...

Selama di kapal, ane lebih banyak di kamar aja, paling juga kalo keluar ya pas waktu makan aja. Soalnya di koridor rame banget, banyak orang yg tidur. Kacau banget dah tuh kapal. Belakangan ane tau kalo orang2 itu para TKI yg mau diberangkatkan ke Malaysia.

Sepanjang 24 jam perjalanan kapal, yg ane liat cuma lautan luas, jarang keliatan pulau, trus kadang2 aja ada kapal2 nelayan. Bener2 pengalaman yg tak terlupakan. Padahal tulisan ini ane buat 11 tahun kemudian. Masih berkesan di benak ane. Luar biasa...

Sejujurnya dari lubuk hati yg paling dalam, ane gak menikmati perjalanan itu. Udahlah tuh kapal jorok banget, di koridornya rame orang gelar tiker, pada tidur, sampe buat jalan aja susah banget, mesti permisi2. Gak nyaman banget. Udah gitu, jiwa petualang ane blm terasah sempurna, maklumlah saat itu ane masih anak mama. Ini juga dateng ke Tanjungpinang awalnya terpaksa, karna tuntutan hidup untuk meraih sukses di masa depan. Masa iya sih, ane mau hidup enak terus, ngedompleng kedigjayaan bokap ane, mau sampe kapan. Berbekal tekad dan cita2 yg setinggi langit, makannya ane beranikan diri berangkat mengarungi samudra meraih masa depan yg cemerlang.

Sekitar jam 5 sore keesokan harinya kapal merapat di Pelabuhan Kijang. Sampailah kami di Pulau Bintan. Alhamdulillah, sampai sekarang 11 tahun berlalu ane masih di sini. Gak tau deh sampe kapan, hanya Tuhan yg tau.

Asek...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar