Ngelanjutin tulisan ane yg
berkaitan dengan Motor *)Tentang "Modif Motor" & Tentang "Anak Motor", kali ini ane mau ngebahas tentang rolling
thunder. Rolling thunder tuh apaan? Kalo anak motor sejati pasti tau, lah kalo
bukan anak motor gimana? Ya ane kasi tau, biar terbuka dikit wawasannya. Ane
mau kupas rolling thunder secara umum aja, dari kacamata ane pribadi, walaupun
sebenarnya ane sendiri gak pake kacamata.
Secara harfiah, makna rolling
thunder sendiri tuh gak ada yg spesifik tertulis di kamus besar bahasa indonesia.
Ane cari di google sama wikipedia juga gak ada. Nah lho, jadi apa downk arti
sebenarnya dari roling thunder itu. Kalo menurut ane, rolling thunder tuh hampir
sama dengan touring, yang jelas property utama yg digunakan adalah sepeda
motor. Perjalanan jarak jauh bersama-sama atau sendiri menggunakan sepeda
motor, nah itu kali ya artinya rolling thunder. Bedanya sama touring, kalo
rolling thunder itu udah pasti pake sepeda motor, sedangkan touring itu lebih
luas maknanya, bisa pake sepeda motor atau mobil.
Nah, biasanya rolling thunder itu
dilaksanakan oleh anggota klub motor. Tapi ada juga yg hanya kumpulan anak2
nongkrong. Untuk kasus yg terakhir ini, ane pelakunya. Ane suka juga rolling
thunder, tapi bukan sama klub motor, hanya temen2 nongkrong aja. Masalah
perencanaan juga gak beda jauh koq sama klub motor, dari dana sampe waktu
pelaksanaan trus anggota yg akan ikut, sampe motor apa yg bakal kita gunakan.
Malah sampe persiapan membawa bengsin cadangan dan makanan serta minuman.
Pokoknya sebelum rolling thunder,
persiapan harus bener2 matang. Rencana rute yg dilewati, sampe menyiapkan
rencana cadangan juga, kalo2 terjadi hal2 yg di luar skenario. Satu lagi yg gak
boleh dilupakan, dokumentasi. Penting banget tuh, buat kenang2 dan tanda bukti
kalo kita2 pernah rolling thunder ke suatu tempat bareng2. Di laptop ane, foto2
rolling thunder dari tahun 2008 sampe skrg lengkap, ane buat foldernya sesuai
dengan tempat dan tanggal pelaksanaan. Manteb banget dah.
Berbeda sama klub motor yg semua
anggotanya satu visi dan bahkan satu tipe motor, beda sama privater model ane
gini, mesti menyamakan visi dulu dan juga menyesuaikan dengan tipe motor yg
digunakan. Karena gak semua temen2 satu visi dengan kita dan tipe motor juga
harus mendukung rute dan jarak yg bakal ditempuh. Misalnya kalo motor bebek dan
matik rutenya jalanan aspal aja dan jangan terlalu jauh. Kalo motornya boros,
mesti bawa bengsin cadangan, kan gak lucu kalo di tengah hutan mogok kehabisan
bengsin, mau berapa jauh nuntun motor sampe ketempat jualan bengsin.
Perlengkapan wajib yg harus
digunakan pada saat rolling thunder yg pertama adalah helm. Kalo bisa sih helm
full face, biar safety nya bener2 terjaga. Yg kedua jaket kulit, kalo gak ada
ya jaket biasa yg penting gak tembus angin, kan gak lucu balik dari rolling
thunder kena paru2 basah. Yg ketiga sarung tangan, yg namanya bawa motor lama
pasti tangan keringetan dan jadi licin kan bahaya juga buat keselamatan. Trus
pake sepatu juga cuy, namanya rolling thunder kan pasti gak selalu ngelewatin
jalanan beraspal aja, pasti ada juga ngelewatin jalanan yg banyak batu
kerikilnya. Kan lumayan kalo kerikilnya lompat2 kena kaki, makannya pake
sepatu. Kalo bawa tas, ane sarankan pake backpacker alias tas gembol. Biar gak
mempersulit manuver saat mengendarai motor. Trus tasnya jgn yg byk tali2nya,
takut nyangkut di roda, ntar yg ada ente malah ketarik trus jatuh, kan kacau.
Nah masalah tas, biasa ane isi yg
pertama ya air minum. Trus baju ganti, persiapan kalo2 harus nginep. Jas ujan
juga mesti available, biar bisa tetep jalan walaupun turun hujan. Sebenarnya yg
bagus tuh jas ujan model ponco, biar kalo kemaleman di jalan, bisa dimodif jadi
tenda kecil, lumayan kan bisa jadi tempat berteduh. Tapi jas ujan model ponco
not recommended buat roling thunder, gak proporsional buat tubuh rider, malah
bisa jadi masalah di perjalanan. Bentuknya yg lebar malah bisa mengganggu
pergerakan rider, manuver jadi gak leluasa dan ujung2nya bisa celaka. Dah gitu
bentuknya kan jadi mirip jubah Batman, ntar disangka orang ada Batman bawa motor.
Trus, yg namanya rolling thunder
butuh performa motor yg baik. Perhatikan lampu2, dari lampu utama, lampu rem,
dan lampu sein mesti dalam kondisi baik. Kondisi mesin dan juga rem harus baik.
Kaca spion juga pake yg standar aja, soalnya kalo pake variasi punya biasanya
kecil, malah gak berguna sama sekali.
Satu lagi yg mesti diingat,
sebelum berangkat sarapan dulu. Yah minimal perut gak kosong lah, dah gitu gak
usah minum yg dingin2, ntar yg ada di jalan malah beser, kan jadi nyusahin yg
laen. Kalo perlu bawa perbekalan roti2, siapa tau harus berhenti di tengah
jalan yg jauh dari warung, lumayan kan bakal ganjel2.
Yg terakhir adalah sopan santun
di jalan raya, terutama di jalan yg rame. Jangan ugal2an, bentuk formasi sesuai
dengan kondisi jalanan. Misalnya kalo jalanan rame, formasi yg dipake satu2,
leader di depan. Kalo enroute formasi dua2, an gak ganggu pengguna jalan yg
lain. Trus jarak antar motor juga diperhatikan, sesuaikan dengan kecepatan.
Terlalu ngebut juga gak baik, terlalu lambat malah bikin macet. Yang sedang2
aja, 60 km/jam.
Selamat ber-rolling thunder...
Salam Bikers...!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar