Rabu, 14 Agustus 2013

Tentang "Merah Putih"

Judul artikel kali ini sesuai dengan warna bendera kebangsaan kita, Merah Putih. Untuk mengingatkan kembali kepada kita semua tentang arti Merah Putih di hati kita. Sekaligus mengingatkan kita untuk selalu mengingat perjuangan para pahlawan bangsa yg rela berkorban jiwa dan raga demi Indonesia merdeka.

Bersyukur kita semua tidak hidup di jaman tersebut. Handphone gak ada, internet apalagi. Gak ada tukang bakso lewat depan rumah, apalagi ngarepin makan nasi padang. Gak bisa jalan2 ke Mal, lha Mal nya kan gak ada juga. Buat yg cewek2 gak bisa punya tas Channel atau LV, yg ada karung goni aja, apalagi ngarep pengen punya sepatu high hills, yg ada cuma  sandal bakiak.

Tanpa perlu bersusah payah angkat senjata, kita dilahirkan di jaman yg telah merdeka dan juga telah maju. Bisa sekolah, bisa makan enak, bisa bekerja dengan tenang, bisa jalan ke Mal, belanja, dan bahkan bisa tidur pulas tanpa perlu ketakutan dibedil sama Wong Londo.

Sadarkah kita semua akan arti kemerdekaan yg telah kita terima dengan cuma2 sebagai pemberian dari Tuhan melalui perjuangan para mbah2 kita dulu dalam melawan penjajah merebut kemerdekaan bangsa kita? Lalu bagaimana dengan jiwa nasionalis kita selama ini? Apakah kita semua cinta pada tanah air kita?

Yg paling sederhana aja deh, kalo kita berjiwa nasionalis dan cinta tanah air, trus kenapa masih buang sampah sembarangan? Trus kenapa masih dateng telat ke kantor? Trus kenapa upacara 17 Agustus yg hanya 30 menit pada ngeles kagak ikut? Apakah ini yg dinamakan nasionalis dan cinta tanah air? Banyak hal sepele yg tanpa kita sadari justru merupakan awal dari kehancuran bangsa. Penjajahan modern bukan lagi menggunakan senjata, melainkan moral, teknologi, dan bahkan kebudayan.

Mari kita sama2 memperbaiki diri, menjadi manusia yg lebih baik lagi, sehingga dapat mengisi kemerdekaan ini dengan hal2 yg positif. Membangun kembali rasa cinta tanah air yg selama ini tanpa disadari mulai pudar dari diri kita.


Dirgahayu Republik Indonesia...!!! MERDEKA...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar