Minggu, 25 Agustus 2013

Tentang "Panjat Pinang"

Ini dia, yg paling ditunggu-tunggu masyarakat setiap 17 Agustusan, lomba panjat pinang. Hadiahnya gak seberapa, tapi serunya luar biasa. Bagaimana perjuangan tiap2 tim dalam memanjat batang pinang yg sebelumnya telah dilumuri oli untuk memperebutkan hadiah yg digantung di puncak batang pinang tsb yg telah disiapkan oleh panitia.

Sebenarnya 17an udah lewat, cuma lantaran kemaren bentrok sama lebaran makannya baru sekarang lomba2 diadakan. Bukan di komplek tempat ane tinggal ataupun di tempat kerja ane, melainkan di kampung MekarSari yg berada di belakang Bandara RHF. Kampung yg dulunya merupakan tempat nongkrong ane diwaktu masih bujangan. Sekalian silaturrahim, sekalian cari hiburan santai di sore hari yg cerah. Dah lama juga gak ngumpul sama temen2 lama di MekarSari.

Berawal dari gak sengaja baca status kawan di BB, ane langsung tanya ke yg bersangkutan, jam berapa main. Oh, ternyata jam 5 sore. Langsung lah ane menyesuaikan dengan jadual yg udah dibuat sama sekretaris pribadi ane. (eng ing engggg...) Begitu sampai di lokasi, panjat pinang blm dimulai. Sembari menunggu, ane salam2an dulu sama kawan2 disana, sekalian lebaran (kan masih bulan syawal...).

Gak di Jawa, gak di Sumatera, (ane rasa diseluruh penjuru tanah air), panjat pinang adalah kegiatan rutin menyambut 17an. Saat dimana warga masyarakat bisa saling berkumpul dan berinteraksi sehingga tali silaturrahim bisa tetap dijaga. Gak tau tuh, siapa penemu “panjat pinang”, kira2 ada hak patennya gak ya? Ane takut ntar diaku sama negara tetangga pulak...

Bisa dilihat bagaimana perjuangan para peserta dalam memanjat batang pinang yg licin itu untuk mengambil hadiah yg digantung di puncaknya. Bagaimana mereka bahu membahu, tolong menolong, mencapai satu tujuan yaitu kemenangan. Menurut ane, bukan hadiah yg mereka cari, lantaran hadiahnya juga gak seberapa koq. Tapi bagaimana perjuangan untuk mendapatkan hadiah tersebut. Meraih kemenangan melalui perjuangan yg tiada putus asa.

Kegiatan berlangsung meriah, tiap2 tim berjuang dengan sportif. Walaupun susah, namun dengan semangat pantang menyerah dan kerjasama tim yg apik, hadiah pun bisa diraih. Tidak ada yg kalah dan tidak ada yg menang. Yg ada kebahagiaan dapat merayakan kemerdekaan RI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar